Desain Arsitektur Rumah Impian Yang Indah dan Cantik


Membangun sebuah rumah untuk dijadikan tempat tinggal merupakan hal yang wajib dipikirkan oleh setiap orang yang telah memiliki keluarga. Rumah merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan setiap manusia. Dalam usahanya mempertahankan hidup, setiap orang memiliki kebutuhan primer, sekunder,  dan tersier. Dalam hal ini rumah digolongkan pada kebutuhan primer manusia karena fungsinya sangat penting dan vital bagi manusia. Selain sebagai tempat untuk berlindung dari panasnya matahari dan dinginnya cuaca serta pada saat turun hujan, rumah merupakan sebuah identitas yang tak dapat tergantikan fungsinya. Oleh sebab itu dalam membangun ataupun membeli rumah kita wajib memikirkan arsitektur rumah yang akan kita bangun. Kita dapat mendesain sebuah arsitektur rumah berdasarkan kebutuhan kita akan tujuan utama didirikannya rumah tersebut.

Dalam merancang arsitektur rumah, kita harus mengetahui terlebih dahulu model yang seperti apa yang kita butuhkan untuk mendesain arsitekturnya. Dengan kata lain kita harus membuat pola yang benar – benar sesuai dengan keinginan kita. Untuk menciptakan arsitektur rumah, kita juga bisa mempertimbangkan untuk berdiskusi dengan para pakar arsitek bangunan untuk mengetahui bagaimana arsitektur yang sesuai untuk rumah yang berada di kawasan yang ingin kita bangun. Hal ini juga sangat mendukung tingkat kekokohan rumah yang akan kita bangun. Karena para tenaga ahli di bidang arsitek telah sangat mengetahui bagaimana konstruksi yang baik untuk rumah yang kita inginkan. Dengan demikian kita juga akan mendapatkan pengetahuan yang sangat banyak tentang konstruksi rumah yang cocok tersebut seperti apa.

arsitektur rumah

Arsitektur rumah yang akan kita bangun harus relevan dengan kondisi tanah yang ada pada kawasan yang akan kita bangun. Jika memang tanah yang kita miliki merupakan tanah yang bergerak, kita akan mengetahui konstruksi yang baik untuk rumah di daerah seperti itu. Mulai dari pondasi rumah, sebaiknya menggunakan bahan – bahan yang lebih kuat agar tidak akan terjadi masalah di masa yang akan datang. Pondasi rumah merupakan hal yang paling utama yang harus dipikirkan dan benar – benar dicermati. Kekuatan sebuah rumah berasal dari pondasi dan tiang – tiang penyangga rumah tersebut.

Arsitektur Rumah Minimalis

Kini banyak rumah di kawasan perumahan menggunakan konsep rumah minimalis yang memiliki arsitektur yang tidak terlalu rumit untuk dikerjakan. Rumah dengan konsep ini juga dapat menghemat biaya pembangunan karena dalam membangun rumah tersebut dibutuhkan lahan yang tak terlalu luas. Untuk arsitektur yang kokoh kita dapat menggunakan bahan – bahan yang sesuai untuk pembuatan rumah minimalis tersebut. Arsitektur rumah minimalis yang baik adalah mengusung konsep sederhana pada tiap sudut ruangan rumah dan tidak adanya dinding penyekat antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Sementara untuk bagian eksteriornya, kita perlu menambahkan kanopi untuk melindungi teriknya matahari yang menyinari rumah kita.

Arsitektur Rumah 2 Lantai

Model rumah ini dirancang menyesuaikan keinginan, kebutuhan dan selera milik rumah. Ada berbagai macam model rumah yang bisa dipilih mulai dari minimalis, mediterania, rumah tropis dan lain-lain. Berbagai model rumah tersebut dapat dimodifikasi sehingga menghasilkan desain rumah dua lantai yang  indah dan cantik. Berikut ini beberapa kriteria arsitektur rumah 2 lantai yang baik.

  • Ventilasi udara yang baik.
  • Pencahayaan yang cukup.
  • Bangunan rumah aman dari gangguan luar.
  • Rumah ramah lingkungan.
  • Denah rumah yang tepat.
  • Rumah ideal, yaitu desain yang indah, kuat dan murah.
  • Konsep renovasi untuk masa depan. Maksudnya rumah dapat didesain fleksibel jika ada anggota keluarga yang bertambah. Anda bisa merubah menjadi 3 lantai. Jadi harus dipersiapkan pondasi dan struktur rumah dari awal yang tepat agar tidak bongkar pasang.

Desain Arsitektur Rumah Mediterania

Model rumah ini memiliki bentuk dan tekstur yang khas. Arsitektur mediterania banyak dipengaruhi oleh budaya islam. Ciri khas dapat dilihat dari bentuk lengkungan pada jendela rumah, teras dan pintu yang membuat suhu interior rumah mediterania tetap nyaman.

Salah satu ciri lain dari model ini adalah material dinding yang dibuat dengan tekstur yang kasar dan terkesan alami. Dari warna, model mediterania banyak mengadopsi warna-warna yang tegas dan natural. Salah satu contoh warna yang banyak diminati adalah terakota. Namun, banyak juga pemilik rumah yang mengadopsi warna yang cerah khas mediterania, seperti warna putih dan abu-abu.

Demikian beberapa ide desain arsitektur rumah idaman yang dapat Anda aplikasikan. Semoga bermanfaat.


Author: