5 Tips Menciptakan Rumah Sehat dan Nyaman


Setiap orang pasti ingin memiliki rumah impian yang sehat untuk dihuni semua anggota keluarga. Dengan memiliki rumah yang sehat, kehidupan kita akan menjadi sehat. Rumah sehat merupakan rumah yang sangat dibutuhkan untuk menopang kebutuhan kita akan kesehatan yang mana sangat mahal harganya. Membangun rumah dengan kualitas kesehatan yang terjamin sangatlah diperlukan agar para penghuni rumah terhindar dari berbagai macam penyakit yang berjangkit. Dalam mewujudkan rumah sehat yang sangat berperan penting bagi terjuwudnya kesehatan jasmani dan rohani setiap anggota keluarga, kita perlu memperhatikan berbagai kriteria rumah yang dinilai sehat untuk dihuni. Adapun kriteria rumah sehat yang dimaksudkan antara lain:

rumah sehat

1. Kering

Rumah yang kering dalam artian sistem saluran airnya sangat baik merupakan kriteria rumah sehat. Pencegahan terhadap perembesan air di dalam rumah sangat diperlukan untuk memenuhi kriteria yang satu ini, selain itu saluran pembuangan haruslah terjaga dengan baik. Dalam membangun rumah, jangan sampai dekorasi ruangan di rumah kita terkesan lembab. Hal ini dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan pada penghuni rumah.

2. Bersih

Seperti kita telah ketahui bahwa kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Oleh sebab itu dalam mendirikan rumah, hendaknya kebersihan haruslah dijaga agar tidak menyebabkan penghuni rumah terkena penyakit. Kontaminasi debu dan pasir serta polutan lainnya yang biasa menghinggapi rumah haruslah dapat diminimalisir. Kita dapat melihat bahwa rumah yang berada di sekitar jalan raya cenderung memiliki tingkat polutan yang tinggi. Oleh sebab itu penanganannya harus dilakukan dengan ekstra keras agar dapat mewujudkan rumah sehat itu sendiri.

3. Bebas kontaminasi bahan bangunan

Dalam hal ini terkadang penggunaan bahan bangunan yang salah dapat juga menyebabkan gangguan kesehatan pada penghuni rumah. Untuk meminimalisir gangguan tersebut, hendaknya kita memilih bahan bangunan yang aman bagi kesehatan kita. dalam menggunakan bahan bangunan yang tepat, anda diminta untuk menghindari bahan bangunan formaldehida dengan tujuan untuk meminimalisir kontaminasi.

4. Aman

Aspek yang satu ini sangatlah penting bagi penghuni rumah. Dalam mewujudkan rumah sehat, hendaknya rumah dibangun dengan bentuk, fungsi, serta peralatan di dalamnya yang memberikan jaminan keamanan terhadap penghuni rumah. Peralatan yang berada di  dalam rumah haruslah disusun dengan rapi sehingga meminimalisir kecelakaan di dalam rumah yang melibatkan penghuni rumah

5. Memiliki ventilasi yang sesuai

Ventilasi merupakan lubang dimana udara dapat masuk kedalam rumah secara silih berganti. Lubang tersebut biasanya terletak di atas jendela rumah ataupun di atas pintu masuk rumah. Semakin banyak ventilasi pada tiap sudut rumah, semakin sehat rumah yang kita huni karena sirkulasi udara di dalam rumah dapat berjalan dengan lancar. Untuk banyaknya jumlah ventilasi, kita dapat memasangnya pada tiap ruangan tanpa terkecuali. Karena kita telah mengetahui bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa oksigen.


Author: