27 Ide Inovatif Desain Dapur Minimalis


Ruang dapur merupakan aspek penting dalam interior rumah. Disanalah aktifitas menyiapkan hidangan untuk keluarga dimulai. Makanan yang sehat untuk keluarga berawal dari proses penyiapan dan pengolahan di dapur. Jika ruang dapur kotor, berantakan dan tidak terjaga kebersihannya maka masakan tidak terjamin kehigienisannya.

Untuk itulah pentingnya mendesain dapur agar tertata rapi dan cantik untuk dipandang. Namun, bagaimana menata dapur jika ukuran ruangannya sempit? Jangan khawatir, kami akan memberi tips dan gambar inspirasi dapur minimalis. Mendesain dapur berukuran kecil tidaklah semudah dengan mendekorasi dapur berukuran luas.

Salah satu poin penting dalam mendesain dapur mungil adalah usahakan mengatur dan mengoptimalkan keterbatasan ruang agar hasil yang didapat optimal. Desain dapur kecil harus memberi kesan dapur menjadi lapang. Ada baiknya ada menggunakan funitur yang multifungsi seperti rak penyimpanan sekaligus sebagai meja.

Pewarnaan ruang dapur menjadi poin penting lainnya. Gunakanlah warna-warna yang cerah. Untuk desain modern, Anda bisa memadupadankan dengan warna gelap agar telihat cantik dan menarik. Namun jangan sampai warna gelap mendominasi warna yang cerah. Selain itu plafon dapur didesain lebih tinggi agar terkesan lapang dan lega. Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah sirkulasi udara dalam dapur Anda. Akan lebih baik jika Anda memasang exhaust.

Bagaimana Menata Interior Dapur Kecil di Lahan Terbatas

Dari konsepnya sendiri sebuah dapur minimalis akan sangat memudahkan Anda dalam merawat dapur agar selalu tertata, bersih dan rapi. Mengapa? Desain ini memberikan keistimewaan dalam hal fungsionalitas bagi pemilik rumah dalam menggunakan dapurnya secara lebih praktis dan cepat. Lalu bagimanakah caranya agar dapur minimalis tidak hanya cantik untuk dipandang namun juga mengedepankan fungsi yang hanya butuh perawatan minimal, terorganisir, sekaligus menghemat space (tempat) di lahan yang terbatas? Berikut ini kami hadirkan beberapa tips.

Pergunakan Material Dapur Yang Mudah Perawatannya

Untuk lapisan meja dapur, Anda bisa menggunakan bahan marmer yang tahan goresan yang mungkin dapat terjadi saat aktivitas potong-memotong makanan dengan pisau. Namun Anda juga dapat menggunakan bahan meja kaca atau meja plastik dengan warna cat yang mengilap dan glossy agar menciptakan kesan modern. Sama seperti marmer, bahan material tersebut mudah dibersihkan dari noda masakan dan juga tahan terhadap air. Untuk penjelasan macam-macam material dari meja dapur, Anda dapat membaca artikel kami disini.

Untuk bagian dinding dapur dekat kran untuk mencuci piring, ada baiknya gunakan dinding dengan lapisan marmer dan keramik. Selain memberikan kesan modern pada dinding, material ini tahan terhadap air dan api sekaligus mudah dibersihkan dari noda-noda masakan.

Jika dapur Anda memiliki pintu, sebaiknya menggunakan bahan aluminum yang tahan karat. Anda dapat membaca tips dari kami mengenai pintu aluminium di rumah.

Tempat Penyimpanan (Storage) Yang Tepat

Jika lahan dapur Anda terbatas, maka maksimalkan tempat penyimpanan untuk mempermudah aktivitas di ruang dapur. Anda dapat menempatkan rak gantung atau rak dinding untuk tempat penyimpanan selain lemari dapur. Lemari di dapur memang sangat diperlukan namun jangan terlalu banyak jika lahan terbatas karena akan membuat sempit ruangan. Oleh sebab itu, Anda bisa mendesain rak-rak dinding untuk memaksimalkan area kosong di dinding dapur. Anda dapat melihat inspirasi contoh desain rak piring yang cantik.

Peralatan dapur yang sering digunakan bebarengan, tempatkanlah saling berdekatan satu sama lain. Hal ini akan memudahkan Anda dalam kegiatan memasak serta mengorganisir dapur. Anda dapat membaca artikel kami tentang desain rak piring di dapur yang rapi dan tertata.  Untuk peralatan memasak, Anda dapat melihat inspirasi rak dapur untuk menaruh aneka peralatan disini. Anda juga harus menempatkan peralatan atau perlengkapan dapur sesuai urutan kerja agar dapat memaksimalkan lahan yang ada. Anda dapat pula menempatkan ruang makan yang bersebelahan dengan dapur agar tempat penyajian makanan untuk keluarga dapat cepat dilakukan. Hal ini dapat didesain khusus sesuai dengan kebutuhan keluarga serta lahan yang tersedia.

Pergunakan Peralatan Dapur Yang Multifungsi

Anda harus cermat dalam memilih peralatan dapur yang tepat untuk ruang dapur yang terbatas alias sempit. Anda bisa memilih sebuah peralatan yang bisa merangkap dua fungsi atau lebih sekaligus. Cara ini digunakan agar interior dapur Anda tidak terkesan sesak dan berantakan. Lalu apa contohnya? Ok, Anda bisa menggunakan oven untuk memanggang roti sekaligus memasak makanan yang lain. Anda tidak perlu untuk membeli sebuah toaster. Tentu saja Anda dapat hemat uang sekaligus hemat tempat untuk menaruh toaster di dapur. Contoh lainnya, Anda dapat menggunakan wastafel sebagai tempat cuci piring sekaligus.

Dapur Boleh Minimalis Namun Tetap Mengedepakan Kesehatan

Tips terakhir dari kami mengenai mendesain dapur berukuran kecil adalah terpenuhinya unsur kebersihan dan kesehatan ruangan. Anda dapat melihat beberapa gambar interior dapur di artikel kami ini, terdapat banyak contoh dapur minimalis yang sehat. Misalnya dapur model “L” ukuran sempit dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang tetap diperhatikan oleh pemilik rumah.
Dapur model “L” tersebut mempunyai dua bagian yang difungsikan untuk jenis kegiatan yang berbeda-beda. Di satu sisi menjadi area dingin untuk tempat mencuci dan memotong. Dan di sisi lainnya, untuk area panas dengan kegiatan memasak.

Nah, kami menyarankan Anda untuk memilih model kabinet dapur yang berpintu penuh (tanpa kaca). Mengapa? Dari segi penyimpanan lebih fungsional dan terkesan rapi. Lalu, Anda bisa menempatkan dua atau tiga buah jendela kaca yang berukuran besar berada disisi tempat aktivitas mencuci piring yang bersebelahan dengan taman rumah. Hal ini akan sangat berguna untuk menjaga sirkulasi udara dan pencahayaan dalam interior dapur Anda.

Perhatikan beberapa gambar dapur minimalis dibawah ini.
dapur minimalis

Konsep desain dapur minimalis namun terbuka. Perpaduan warna kitchen set dengan dinding sungguh menawan. Palet warna yang digunakan indah untuk dipandang, sekilas memberi kesan luas.

dapur minimalis dua

Perpaduan warna kabinet dan laci lemari yang baik. Ruang dapur ini melebar hanya pada satu sisi.

dapur minimalis tiga

Interior dapur ini luas karena didesain dengan baik tanpa banyak funitur.

dapur minimalis empat

Desain dapur modern sering menggunakan konsep warna hitam dan putih. Ruang dapur ini lebih bersih dan lebih luas.

dapur minimalis lima

Dapur sederhana dengan tata cahaya yang indah. Detail kayu pada kabinet menambah kesan asri.

dapur minimalis enam

Lihat betapa sederhana ruangan dapur ini. Rapi, indah dan modern.

Berikut beberapa desain dapur minimalis lainnya yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam mendekorasi dapur idaman yang cantik dan nyaman.

desain dapur minimalis

desain dapur minimalis delapan desain dapur minimalis delapanbelas desain dapur minimalis dua desain dapur minimalis duabelas desain dapur minimalis duapuluh desain dapur minimalis duapuluhsatu desain dapur minimalis empat desain dapur minimalis empatbelas desain dapur minimalis enam desain dapur minimalis enambelas desain dapur minimalis lima desain dapur minimalis limabelas desain dapur minimalis sebelas desain dapur minimalis sembilan desain dapur minimalis sembilanbelas desain dapur minimalis sepuluh desain dapur minimalis tiga desain dapur minimalis tigabelas desain dapur minimalis tujuh desain dapur minimalis tujuhbelas

Bagaimana Memilih Warna Dapur Bergaya Modern Minimalis

Selain desain yang perlu diperhatikan, Anda juga harus menerapkan warna interior yang tepat untuk ruang dapur bergaya minimalis. Jika pada model interior rumah minimalis lebih banyak menggunakan warna cat abu-abu, kream, coklat dan putih; maka Anda bisa pula menerapkan warna-warna lain yang lebih cerah.

Untuk konsep minimalis yang tak terkesan kaku, Anda dapat menggunakan salah satu warna netral untuk ruangan dapur. Anda bisa memadu padankannya agar lebih atraktif. Contohnya dapur warna putih dapat dipadukan dengan warna cerah, misalnya oranye. Dengan paduan warna putih yang dominan, dapur akan terlihat lebih lapang dan luas. Warna oranye dapat menciptakan kesan hidup pada dapur tersebut. Untuk ornamen furniture dapur, pilihlah dengan desain yang simpel (sederhana) pada kabinet dapur, kitchen set dan lemari dapur. Hal ini akan menciptakan sebuah dapur idaman minimalis yang ceria, hangat dan akan membuat suasana memasak lebih menyenangkan.

Untuk paduan warna lainnya, Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan ruang. Jangan takut untuk memadupadankan dengan warna-warna cerah. Demikian tips dan gambar yang dapat kami hadirkan untuk Anda. Semoga dapat membantu Anda dalam mendesain sebuah dapur sederhana bergaya minimalis yang cantik dan memesona.


Author: