14 Desain Gereja Menakjubkan di Dunia

Gereja merupakan tempat ibadah bagi pemeluk agama katholik dan protestan. Gereja pada umumnya memiliki ciri khas dengan menara dan salibnya. Gambar bangunan gereja dibawah ini memiliki sejarah yang menarik serta gaya arsitektur dan tata letak bangunan yang unik. Berikut ini 5 gereja modern dengan desain yang menarik.

Gereja: Sagrada Família

desain gereja

Nama asli dari gereja ini adalah The Basilika i Temple Expiatori de la Sagrada Familia. Atau dikenal dengan nama gereja Sagrada Familia. Gereja ini adalah gereja katolik roma yang terletak di kota Barcelona, Spanyol. Gereja ini dirancang oleh arsitek catalan yang bernama Antoni Gaudi. Konstruksi dimulai pada tahun 1883, tetapi pada tahun 1926, ketika arsitek meninggal pada usia 73, hanya seperempat dari proyek itu selesai.

Gereja Sagrada Família 2

Meskipun belum rampung digarap, gereja spektakuler ini telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Memang pembangunan gereja ini berkembang sangat lambat. Hal ini dikarenakan proyek ini hanya mengandalkan sumbangan swasta dan juga pembangunan sempat berhenti karena terganggu oleh perang saudara spanyol pada waktu itu. Pada tahun 2010, proyek pembangunan gereja sagrada familia dilanjutkan dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2026.

Gereja: St. Basil’s Cathedral

Gereja St. Basil’s Cathedral

Gereja ini terletak di pusat kota Moskow, Rusia. Gereja dibangun atas perintah Ivan the Terrible antara tahun 1555 dan 1561 untuk memperingati penangkapan Kazan dan Astrakhan. Ketika pertama kali bangunan selesai dibangun, gereja ini merupakan bangunan tertinggi di Moskow sampai tahun 1600.

Gereja St. Basil’s Cathedral 2

Desain gereja ini berbentuk seperti nyala api unggun yang merupakan satu-satunya desain bangunan dalam arsitektur Rusia. Sejarahnya, gereja ini pernah disita oleh komunitas Ortodoks Rusia sebagai bagian dari kampanye anti teis Uni Soviet. Namun saat ini sudah menjadi milik dari Federasi Rusia.

Gereja: Las Lajas Cathedra

Gereja Las Lajas Cathedral

Gereja Las Lajas Cathedral 2

Yang menarik dari gereja ini adalah tata letak bangunannya. Las Lajas Cathedral adalah gereja yang terletak di atas sungai guaitara. Gereja ini dibangun pada tahun 1949 dengan sumbangan penduduk setempat. Desain yang menarik ditambah pemandangan alam sekitar membuat gereja ini menjadi salah satu gereja unik dan menakjubkan di dunia.

Gereja: Church of the Savior on Blood

Gereja St. Basil’s Cathedral

Gereja St. Basil’s Cathedral 2

Gereja ini juga dikenal dengan nama Church of the Savior on Spilled Blood dan the Cathedral of the Resurrection of Christ. Terletak di At. Petersburg, Russia. Pembangunan gereja dimulai pada tahun 1883 di bawah prakarsa Alexander III dan selesai pada tahun 1907 pada masa pemerintahan Nicholas II. Gereja ini memiliki gaya arsitektur yang unik.

Gereja: Frauenkirche

Gereja Frauenkirche

Gereja Frauenkirche 2

Terletak di kota Nuremberg, Jerman, Frauenkirche adalah gereja yang dibangun atas prakarsa Charles IV, Kaisar Romawi antara tahun 1352 dan 1362. Gereja ini telah dipugar dengan banyak patung-patung yang indah. Frauenkirche adalah gereja yang digunakan Charles IV untuk upacara kerajaan. Dan pada tahun 1361 Putra Charles IV dibaptis di sini. Gereja ini memiliki sebuah jam besar yang dikenal sebutan (jerman) Männleinlaufen yang dipasang tahun 1506.

Gereja: Borgund Stave Church

Gereja Borgund Stave Church

Gereja Borgund Stave Church 2

Borgund Stave Church terletak di Borgund, Lærdal, Norwegia. Dibangun antara 1180 dan 1250 M. Gereja ini memiliki dinding yang terbuat dari papan kayu. Interior gereja telah dipugar. Satu-satunya yang tersisa adalah sebuah altar dan lemari. Silahkan lihat gambar gereja di Norwegia ini.

Gereja: Hallgrímskirkja

Gereja Hallgrímskirkja

Gereja Hallgrímskirkja 2

Hallgrímskirkja adalah sebuah gereja di kota Reykjavík, Islandia. Ini adalah gereja terbesar di Islandia. Gereja ini dirancang oleh arsitek Guðjón Samuelsson pada tahun 1937 Dengan tinggi gereja 74,5 meter, gereja ini juga digunakan sebagai menara observasi oleh pemerintah setempat.

Gereja: St Michael d’Aiguilhe

gereja St Michael d’Aiguilhe

Pada awalnya ini adalah sebuah batu yang telah menjadi tempat suci dari sejarah Romawi. Tempat ini didedikasikan untuk Mercury dan kemudian orang-orang kristiani membangun sebuah bangunan untuk menghormati St Michael. Pada abad ke-12 bangunan ini dipugar dan dibangun sebuah menara lonceng.

Gereja: Arbore

gereja Church of Arbore

gereja Church of Arbore 2

Gereja Arbore terletak di kota Suceava, Rumania. Gereja ini telah tercatat sebagai salah satu daftar warisan dunia UNESCO.  Luca Arbore adalah orang yang membangun gereja ini pada tahun 1541. Hanya butuh waktu sekitar 5 bulan untuk membangun gereja ini.

Gereja: Milan

gereja Milan Cathedral

gereja Milan Cathedral 2

Milan Cathedral terletak di kota Milan, Italia. Gereja ini adalah gereja terbesar ke-5 di dunia dan terbesar di Italia. Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1386 di bawah Uskup Agung Antonio da Saluzzo. Beberapa arsitek yang bekerja pada proyek gereja ini seperti Nicolas de Bonaventure dan Jean Mignot.

Gereja: Catedral of Maringá

Cathedral of Maringa, Parana, Brazil

gereja Catedral of Maringá 2

Gereja ini terletak di Maringa, Paraná, Brasil. Bangunan ini memiliki ketinggian sekitar 124 meter dan merupakan gereja tertinggi di Amerika Selatan serta tertinggi ke-16 di dunia. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1972. Dirancang oleh arsitek José Augusto Bellucci, desain inspirasi dari gereja ini berasal dari satelit sputnik Soviet. Memiliki gaya modern dan berbentuk kerucut.

Gereja: Salt Cathedral of Zipaquirá

gereja Salt Cathedral of Zipaquirá

Gereja ini terletak di Cundinamarca, Kolombia. Yang menarik dari gereja ini adalah gereja Katolik yang berada di bawah tanah dan dibangun di dalam sebuah terowongan pertambangan.

gereja Salt Cathedral of Zipaquirá 2

Gereja yang menakjubkan ini memiliki 3 bagian yang mewakili kelahiran, kehidupan dan serta kematian Yesus. Gereja ini juga dihiasi dengan ornamen dan arsitektur yang unik dengan patung-patung marmer.

Gereja: Chapel on the Rock

gereja Chapel on the Rock

gereja Chapel on the Rock 2

Nama asli dari gereja ini adalah Saint Catherine of Siena’s Chapel. Bangunan ini ditetapkan sebagai situs bersejarah pada tahun 1999. Menurut sejarah yang kami temukan di wikipedia, gereja ini pernah didatangi oleh Paus Yohanes Paulus II. Selain sebagai tempat ibadah, gereja ini menjadi destinasi wisata yang populer bagi para wisatawan.

Gereja: Jubilee Church

gereja Jubilee Church

gereja Jubilee Church 2

Gereja ini terletak di kota Roma. Secara struktural, ia memiliki empat bagian. Geraja di kota Roma ini memiliki desain arsitektur yang menarik. Sisi selatan gereja memiliki 3 dinding melengkung besar yang terbuat dari beton yang dimaksudkan untuk mengontrol suhu dalam gereja.

Author: 

No Responses

Leave a Reply